Sunday, July 30, 2006

Trying to Be Fit in Jakarta

Sudah 3 minggu ini saya join fitness club. Setelah absen olahraga 2 tahun, akhirnya saya kembali mengeluarkan niat untuk berolahraga. Ada beberapa hal yang memberiku inspirasi untuk ini:
1. Sehabis cuti 3 minggu jalan-jalan ala turis backpacker, betis lagi lumayan bandel & ada momentum untuk paling nggak mempertahankan stamina yg terbentuk waktu liburan.
2. Ada klub baru buka di jakarta, yg mana bisa tetep saya capai walau lagi jam 3-in-1 + masih diskon.
3. Temen2 kantor lumayan banyak yg join (jika dibandingkan dengan club yg dulu saya join), jadi klo nantinya malas, semoga paling nggak teman2 berangkat bareng bisa menutupi itu.
4. Sehabis ketemu teman2 lama waktu sma, ngobrol bareng mereka mengingatkan betapa dulunya kita gila fitness & sangat sehat. Kita jadi sadar bahwa jika kita masih ingin travelling by hiking & do fun with sports, umur paling ideal ya saat2 ini, yaitu sebelum 30. dan mengingat saya tinggal beberapa guliran ke arah situ, ya sebaiknya saya mulai saja kegiatan utk kembali fit, mumpung tubuh masih di puncak ke-fit-an.

So, sekarang saya adalah member dari f***** f**** club di senayan city jakarta.Kegiatan berolahraga baru ini memang memberi warna baru di kehidupan saya sehari-hari. Biasanya di hari kerja sesudah jam 7 malam, tidak terlalu ada dorongan pulang kantor (wong di kos juga bengong2 aja liat tv yg hampir gak ada acara menariknya). Weekend biasanya malas bangun pagi. Tapi dengan adanya kelas2 menarik di ff club ini, saya terdorong utk pulang cepat dan bangun pagi . yew!
Memang efek positif dari olahraga ini cukup banyak aku rasakan... dari hal yang diatas, sensitivitas akan tulang batangku yg ternyata sering mencong klo duduk di meja, sampai aku jadi sering ngaca utk ngeliat bentuk kakiku yg semakin indah (yg ini cuma perasaanku saja, tp at least it makes me feel better!).

Dengan hal-hal positif diatas, sebenarnya membuatku berpikir, mahal juga ya hidup sehat di jakarta ini. Selama 2 taon terakhir ini, aku gak pernah berhasil membuat diriku lari pagi lebih dari 500m tanpa berhenti. Ada usaha utk beberapa kali berenang, tapi itu sebenarnya lebih ke berjemur2 menikmati sinar matahari. Namun, sekarang dengan 400ribu yg kukeluarkan per bulan, aku sudah berlari2 kencang di atas threadmill utk 1.2 kilo (di hari pertamaku), interval sepeda di RPM class selama 1 jam, mengangkat2 beban, dan tidur2an & melatih otot perut di kelas yoga & pilates. Tentunya bukan karena sayang uang-sudah keburu bayar, aku jadi rajin olahraga, tapi karena memang nikmat olahraga di tempat dan suasana yg mendukung (at least, inilah yg kurasakan sampai saat ini).

Semoga aku bisa rutin melakukan ini.Seperti semboyan di klub: Discipline is what makes you start. Habis is what keeps you going.

1 comment:

CKaelan said...

So, udah 2 tahun gak prenah olahraga lagi...bentar...angka 2 tahun kayanya sama dengan......
Yes, 2 tahun tuh, sama dengan lama kita pacaran ter...

Kayanya gue ngasih pengaruh buruk males olahraga nih ya....
hahaha....

Ntar gue balik ke jakarta, kamu tetep rajin olahraga nyak...